Mengenai Saya

Foto saya
Lumajang, Jawa Timur, Indonesia

Selasa, 04 November 2008

Puskesmas dan Pemberdayaan Masyarakat

Puskemas dan pemberdayaan, inilah judul posting pertama saya. Kedua kata tersebut tak terpisahkan terutama bila dikaitkan dengan upaya penggerakan partisipasi masyarakat. Melalui blog ini saya akan mencoba membuat laporan-laporan pemberdayaan, termasuk pembinaan UKBM, fasilitasi CLTS dan program-program pemberdayaan lainnya.


Puskesmas bukanlah sekedar bentuk mini dari rumah sakit. Dari namanya saja, puskesmas adalah pusat kesehatan dan bukan pusat atau rumah kesakitan sehingga paradigmanya adalah paradigma sehat. Karenanya maka lebih menekankan pada pelayanan promotif dan preventif, disamping tidak meninggalkan pelayanan pengobatan dan rehabilitasi. Di sinilah letak perbedaannya dengan rumah sakit yang lebih menekankan pada pelayanan pengobatan terhadap orang sakit dan rehabilitasi. Dan kalau sudah menyangkut promosi dan prevensi pasti tidak bisa lepas dengan partisipasi masyarakat. Sedangkan partisipasi masyarakat itu sendiri tidak selalu mudah, bahkan lebih sering sangat sulit bila tanpa pemberdayaan masyarakat yang baik.Sebagai pusat pelayanan di lini paling depan, maka puskesmas harus bisa mewujudkan fisi Depkes "Masyarakat mandiri untuk Hidup Sehat". Dan untuk itu lagi-lagi yang harus dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat, karena masyarakat tidak lagi sebagai obyek melainkan subyek pembangunan kesehatan.

Dalam posting selanjutnya saya akan mencoba menulis sedikit pengalaman sebagai kepala puskesmas dalam membina partisipasi masyarakat melalui pemberdayaan. Pengunjung akan saya ajak melihat beberapa kegiatan program kesehatan komunitas, seperti Program santun lansia, pembinaan UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) seperti posyandu gerbangmas versi Kabupaten Lumajang, desa siaga, kabupaten sehat, CLTS (Community Led Total Sanitation) atau STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) atau Stop BAB Sembarangan, penanggulangan masalah gizi berbasis masyarakat, sampai pelaksanaan percontohan PSN menggunakan pemicuan ala CLTS, puskesmas santun lansia serta program inovatif lainnya.Di samping itu, saya akan mencoba menuliskan beberapa artikel yang berkaitan dengan dasar-dasar teori yang berkaitan dengan keberhasilan pemberdayaan masyarakat. Tetapi lebih pada nuansa implementatif dari pada sekedar akademis.

Saya akan kupas satu persatu strategi dan taktik yang merupakan RAHASIA keberhasilan pemberdayaan masyarakat di dua kecamatan berbeda tempat saya bertugas selama 30 bulan sebagai kepala puskesmas. Apa yang akan saya tulis bukan semata pengalaman pribadi, tetapi lebih pada pengalaman kolektif dalam kerjasama tim. Taktik dan strategi tidak begitu saja muncul di kepala, tetapi melalui proses kreatif dan inovatif dari berbagai pihak terutama para staf di lapangan. Dan bersyukur sekali karena saya bekerja bersama dengan orang-orang hebat dalam tim yang tidak hanya menjadi mitra kerja tetapi juga menjadi guru bagi saya.Sukses selalu, semoga bermanfaat.

8 komentar:

  1. desa kenongo? kenangan sama pean itu pak, ingat istirahat ya pak, jangan terlalu workholic......

    BalasHapus
  2. Wah ini jadi nostalgia. Selama 1 thn lebih kita pernah satu puskesmas membina kesehatan masyarakat, termasuk Desa Kenongo bersama Anda juga. Makasih

    BalasHapus
  3. Salam kenal pak, dari Klaten :) kebetulan saya kerjaannya blusukkan puskesmas di dunia nyata dan maya..
    Lumajang bukannya di lereng Semeru ya ? atau deket gunung Bromo? saya ada saudara jauh disana, dah lama pingin main ke Lumajang tapi belum kesampaian. mudah2an puskesmas tambah maju bersama pak dokter..

    BalasHapus
  4. Makasih ats kunjungannya. Sy di Kec Senduro, paling dekat dg Semeru. Kl "blusukan"ke Lumajang atau mau mendaki mahameru boleh mampir.

    BalasHapus
  5. Kunjungan Balasan
    Selamat dokter, puskesmas memang melekat dengan pemberdayaan, tetapi banyak teman-teman kita yang belum mengerti pemberdayaan, dengan informasi pemberdayaan dari dokter bersama tim, bisa menjadi salah rujukan untuk memberdayakan teman-teman

    BalasHapus
  6. pak......kok lama gak di update blognya ? apa saya yang keliru buka nya ??? tulis juga tentang opini probadi anda pak, dilihat dari perspektif anda sendiri, agar blog pean terasa human being 'atau lebih menyentuh gt loh pak.misalnya kenapa orang senduru kok suka gini itu dan sebagainya dilihat dari perspektif anda sendiri....nanti khan lebih seru banyak yang comment nantinya.....ok goo d luck !!!!!!

    BalasHapus
  7. alo pak arbai...kok gak pernah update blog??? jadi struktural sekarang tambah siiibuk yah pak..heheh selamat........

    BalasHapus

Klik di bawah ini untuk melihat daftar semua tulisan saya