Mengenai Saya

Foto saya
Lumajang, Jawa Timur, Indonesia

Senin, 08 Desember 2008

Lomba Senam Diabetes untuk Lansia

Selasa 2 Desember 2008 Forum Karang werda Kecamatan Senduro mengikuti lomba senam diabetes bagi lansia se Kabupaten Lumajang. Tim Lansia Senduro disponsori Kantor Kecamatan dan Puskesmas Santun Lansia Senduro.

Lomba senam diabetes untuk lansia diselenggarakan di GOR Wira Bhakti Lumajang dan diadakan oleh Balai Kesehatan Olah Raga Lumajang dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2008. Ikut serta dalam lomba ini perwakilan komunitas lansia dari seluruh kecamatan di Kabupaten Lumajang. Untuk penilaian, lomba dilaksanakan menjadi delapan putaran yang masing-masing berdurasi tidak kurang dari 30 menit.

Forum Karang werda kecamatan Senduro mengirim dua tim yang masing-masing terdiri dari lima orang lansia plus dua orang cadangan dan dua official tim. Saya sebagai kepala puskesmas yang tentunya paling bertanggung jawab atas kesehatan peserta merasa was-was juga. Itu karena anggota yang dikirim rata-rata sudah udzur (baca sepuh sekali) yang tidak check up kesehatan secara lengkap terlebih dahulu. Jangan-jangan nanti terjadi apa-apa. Tetapi Alhamdulillah sampai akhir acara ternyata tidak terjadi apa-apa. Dan yang lebih menggembirakan lagi karena Tim A bisa tampil sebagai juara III meski persiapannya hanya beberapa hari saja. Selamat deh, meski Bapak Ibu sudah pada sepuh (namanya juga lansia ...), Anda semua tampil sangat bersemangat dan percaya diri. Ini bisa jadi contoh bagi yang muda-muda.

Ada yang berbeda pada Tim Senduro dibanding dengan tim dari kecamatan lainnya. Tim Senduro datang mewakili forum karang werda. Sedangkan dari kecamatan lainnya umumnya mewakili puskesmas atau posyandu lansia. Mengapa hal ini kami angkat sebagai suatu pembeda? Ini karena keberadaan karang werda lebih mencerminkan kemandirian lansia ketimbang posyandu yang lebih merepresentasikan peran puskesmas. Untuk diketahui, sejak Nopember 2008 ini komunitas lansia Senduro telah sukses membentuk wadah para lansia berupa karang werda di semua desa di Kecamatan Senduro yang difasilitasi oleh puskesmas, kecamatan dan sektor lainnya. Itulah bentuk dasar pembinaan dan pelayanan terhadap lansia yang kami lakukan. Suatu bentuk community organization dan community development.

Bagi saya, keikutsertaan lomba semacam ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang memberikan reinforcement terhadap para lansia, sehingga mereka lebih bersemangat lagi dalam berkegiatan. Di samping itu menjadi wahana untuk kebersamaan lintas sektor dalam membina para lansia dan memudahkan proses advokasi santun lansia yang sedang digalakkan puskesmas.

Selamat kepada para lansia, tetaplah bersemangat. Bersama kita bisa (bukan kampanye politik lho). Bagaimana kegiatan lansia di tempat Anda, saya senang bila Anda berbagi dengan saya di sini untuk kemajuan santun lansia di Senduro.

Related post:
1. Sekilas Puskesmas santun Lansia
2. Rakor Kesehatan Lansia Propinsi Jawa Timur
3. Safari Santun Lansia ke Desa Ranupani

3 komentar:

  1. hehe...saya baru tau ada senam lansia diabetes pak..tau nya sih senam hamil, senam kesegaran jasmani yang sekarang entah versi berapa

    BalasHapus
  2. Utk mas Jojok, boleh kok Anda ikut berlatih untuk persiapan kelak menjadi lansia, he- he ....

    BalasHapus
  3. salam kenal pak...saya salut dengan kegiatan senam lansia, kebetulan saya punya program bulan ini dalam rangka hari kartini, dasa wisma lingkungan saya akan mengadakan senam jantung/senam osteoporosis/diabetes.namun saya kesulitan mencari instruktur senamnya.mungkin bpk bisa memberikan informasi tentang pelatih yg saya maksud.trimakasih atas bantuannya...

    BalasHapus

Klik di bawah ini untuk melihat daftar semua tulisan saya